Wajib Boikot! 9 Jenis Kurma dari Israel dan Panduan Memilihnya

News118 Dilihat

OstCash – Kurma, salah satu makanan yang sangat dikaitkan dengan Bulan Suci Ramadan, telah menjadi favorit umat Muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Buah kecil berwarna cokelat ini sering disantap saat sahur atau berbuka puasa karena merupakan anjuran Nabi Muhammad SAW. Namun, tidak banyak yang menyadari bahwa Israel adalah salah satu pemain utama di pasar global kurma, hanya berada satu posisi di bawah Arab Saudi. Menurut laporan Statista, Israel menduduki peringkat kedua sebagai negara dengan nilai ekspor kurma terbesar di dunia.

Dilaporkan bahwa Israel memiliki nilai ekspor kurma lebih dari US$317 juta atau sekitar Rp4,95 triliun (dengan asumsi kurs Rp15.634/US$). Saat ini, Israel mendominasi lebih dari 60 persen pangsa pasar global untuk salah satu jenis unggulan, kurma Medjool. Oleh karena itu, bukanlah hal yang mengherankan jika Israel menjadi pengekspor terbesar kurma Medjool di dunia.

Dalam konteks ini, penting bagi masyarakat untuk berhati-hati ketika memilih kurma yang dijual di toko atau platform e-commerce, terutama di tengah masih berlangsungnya konflik antara Israel dan Palestina serta gerakan boikot terhadap produk-produk yang berasal dari atau mendukung Israel.

Berikut ini adalah daftar merek kurma asal Israel yang masih tersedia di toko atau platform e-commerce di Indonesia:

  1. King Solomon Dates
  2. Hadiklaim
  3. Jordan River

Dikutip dari laman Palestine Campaign, masyarakat disarankan untuk memeriksa label nama perusahaan yang mengekspor kurma asal Israel pada kemasan. Beberapa perusahaan pengekspor kurma Israel yang perlu dihindari antara lain:

  1. Hadiklaim
  2. Mehadrin
  3. Agrexco
  4. Arava
  5. Edom
  6. MTex

“Pada Ramadan ini, hindarilah pembelian kurma Israel. Dukung kemerdekaan Palestina! Janganlah berbuka puasa dengan kurma Israel di bulan Ramadan ini,” demikian tulis Palestine Campaign, dikutip pada Selasa (27/2/2024).

 

Cara Membedakan Kurma asal Israel:

Menurut Palestine Campaign, ada empat cara yang dapat dilakukan oleh umat Muslim di seluruh dunia untuk menghindari pembelian tidak sengaja kurma asal Israel. Berikut ini adalah empat langkahnya:

  1. Periksa label saat membeli kurma. Hindarilah pembelian kurma yang diproduksi atau dikemas di Israel atau pemukiman Tepi Barat.
  2. Periksa label pada semua kurma Medjool. Sebagian besar kurma Medjool yang dijual di supermarket ditanam di Israel atau pemukiman ilegal Israel di tanah Palestina.
  3. Hindarilah pembelian kurma yang mencantumkan Hadiklaim pada labelnya. Hadiklaim adalah pengekspor terbesar kurma dari Israel dan pemukiman ilegalnya. Perusahaan ini menjual kurma ke luar negeri dengan merek King Solomon, Jordan River, dan Jordan River Bio-Top, serta di bawah label pribadi jaringan supermarket.
  4. Periksa label untuk perusahaan yang mengekspor kurma dari Israel dan pemukiman ilegal, seperti Mehadrin, MTex, Edom, Agrexco, dan Arava

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *