Pengumuman Menteri Agama: Puasa 1 Ramadhan Jatuh pada 12 Maret 2024

News115 Dilihat

OstCash – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas telah mengumumkan bahwa puasa 1 Ramadhan 1445 Hijriah akan dimulai pada Selasa, 12 Maret 2024. Dalam pengumuman tersebut, Yaqut juga mengajak untuk memanfaatkan Bulan Suci sebagai waktu introspeksi diri dan untuk bersatu kembali setelah berbagai perbedaan yang terjadi selama kontestasi politik.

“Mari kita manfaatkan Bulan Suci Ramadhan sebagai momen untuk merenung dan bersatu kembali setelah kontestasi politik,” ujar Yaqut di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, pada Minggu (10/3/2024).

Menurut Yaqut, hasil sidang isbat menunjukkan bahwa posisi hilal di sejumlah wilayah Indonesia telah di atas ufuk dan tidak memenuhi Kriteria MABIMS, serta tidak ada laporan melihat hilal.

“Ini hasil dari sidang isbat yang baru saja kami laksanakan, dan kami berharap bahwa dengan hasil sidang isbat ini, seluruh umat Islam Indonesia dapat menjalankan ibadah puasa dengan penuh kekhusyukan,” jelasnya.

Yaqut juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia, terutama umat Islam, untuk menjunjung tinggi nilai toleransi guna menciptakan suasana yang aman dan kondusif. Meskipun terjadi perbedaan dalam awal puasa, hal tersebut tidak seharusnya memecah belah persatuan bangsa.

“Marilah kita mencari kesamaan di antara kita dan tidak perlu mempermasalahkan perbedaan yang ada,” tegas Yaqut Cholil Qoumas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *