Video Viral Ulat Bulu “Trumpapillar” dari Amerika Hoaks, Polisi Beri Klarifikasi

News193 Dilihat

Ost Cash – Kabar tentang ulat bulu mematikan dari Amerika Serikat yang sempat menghebohkan warga melalui viral di sejumlah grup WhatsApp akhirnya dipastikan sebagai kabar bohong oleh Polres Pamekasan Madura. Dalam keterangan resminya, polisi menegaskan bahwa ulat bulu tersebut tidak pernah ada di Indonesia.

“Kabar yang beredar itu adalah kabar yang tidak benar, dan kami mengimbau masyarakat agar tidak terpancing dan percaya begitu saja terhadap informasi tersebut,” ujar Wakapolres Pamekasan, Kompol Andy Purnomo, seperti yang dilaporkan oleh Antara pada Sabtu, 24 Februari 2024.

Menurut Andy, video viral yang menyebutkan ulat bulu dari Amerika sebagai penyebab kematian beberapa anak karena disangka sebagai anak burung juga tidak memiliki kebenaran. Dia memastikan bahwa ulat tersebut tidak pernah ditemukan di wilayah Indonesia, termasuk di Pamekasan.

Polisi pun mengingatkan masyarakat untuk tetap tenang dan tidak mudah terpengaruh oleh video yang beredar di media sosial. Andy menambahkan, “Jika memang itu ulat dari Amerika, kemungkinan sampainya ke Indonesia, terlebih lagi ke Pamekasan, sangatlah kecil.”

Wakapolres juga menegaskan bahwa efek dari ulat bulu, baik yang berasal dari Amerika maupun jenis lainnya, sangat tergantung pada tingkat alergi seseorang terhadapnya. Dia menyarankan agar mereka yang memiliki alergi berat terhadap ulat bulu untuk segera mendapatkan perawatan medis di fasilitas kesehatan terdekat.

“Dokter hewan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta, Slamet Raharja, telah memberikan klarifikasi terkait ulat bulu berwarna kuning oranye tersebut. Menurutnya, ulat tersebut adalah jenis ASP yang berasal dari Amerika Serikat,” jelas Andy.

Lebih lanjut, Andy menyampaikan bahwa ulat bulu yang sempat viral tersebut tidak memiliki efek samping yang fatal, kecuali bagi orang yang memiliki alergi yang sangat parah terhadapnya. Namun, dia menegaskan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir karena ulat tersebut tidak ada di Indonesia.

Ulat bulu yang diberi julukan “Trumpapillar” karena kemiripannya dengan model rambut Donald Trump merupakan salah satu spesies ulat bulu yang berasal dari benua Amerika. Biasa disebut sebagai hewan ngengat (Megalopyge opercularis), ulat ini hampir ditemukan di seluruh benua Amerika sebagai habitatnya. Ulat dengan panjang tubuh sekitar enam sentimeter ini memiliki ciri khas berupa rambut halus berwarna oranye yang melapisi tubuhnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *