Tren Bus Single Glass Eksis di 2024

News212 Dilihat

OstCash – Perusahaan operator bus (PO) Haryanto kembali memperkenalkan satu unit bus baru yang diproduksi oleh karoseri New Armada. Seperti sebelumnya, bus tersebut akan menjadi tambahan untuk divisi bus pariwisata.

Desain bus di Indonesia terus berkembang seiring majunya teknologi dan zaman. Oleh karena itu, setiap tahun biasanya akan ada beragam tren desain bus yang meramaikan Indonesia. Bahkan tren terbaru desain juga akan mempengaruhi perusahaan otobus (PO) saat hendak menambah bus baru dalam bersaing di pasar layanan transportasi darat. Misalnya, bila bicara dari segi eksterior, dalam beberapa terakhir bus dengan model wajah double glass menjadi populer. Bahkan banyak karoseri yang mendapatkan permintaan dari PO untuk membuat bus kaca ganda. Namun, menjelang akhir tahun 2023, desain bus kaca tunggal atau single glass mulai kembali eksis dan banyak digunakan oleh sejumlah PO.

Kusririn, RnD Manager Karoseri Laksana mengatakan, ada kemungkinan tren single glass akan berlanjut pada 2024. “Menurut saya seperti itu. Secara presentasi meningkat pastinya. Double glass masih banyak peminat. Tapi single glass perlahan akan menggeser,” kata pria yang akrab disapa Ririe tersebut kepada Kompas.com, Rabu (28/12/2023).

Bus single glass sendiri merupakan jenis desain bus yang sudah dipakai sejak lama bahkan ada lebih dahulu dari inovasi double glass. Tampilan khas dari bus single glass adalah pada bagian wajah menggunakan kaca jendela yang terdiri dari satu kaca tebal. Kontruksi kaca tersebut lebih diminati oleh penumpang lantaran saat perjalanan visibilitas lebih nyaman.

Sementara itu, pada bus model double glass, penumpang yang ada di dalam kabin kerap kesulitan melihat pemandangan. Aksen bando pada kaca double glass membuat pandangan penumpang dari arah kabin ke luar jadi terhalang. “Dengan tampilan single glass yang lebih modern desainnya dan visibilitas yang lebih nyaman tentunya akan semakin banyak peminat,” kata Ririe.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *